-->

Berlangganan Artikel

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

PENYEBAB MEMORY CARD TIDAK TERBACA ATAU RUSAK - Oprekinaja

PENYEBAB MEMORY CARD TIDAK TERBACA ATAU RUSAK

Konten [Tampil]

PENYEBAB MEMORY CARD TIDAK TERBACA Atau RUSAK




Ingin tahu penyebab memory card tidak terbaca alias rusak? Biasanya, kerusakan kartu memory mulai dirasakan ketika beberapa file tidak terbaca, file tertentu seperti foto atau video hilang, atau terbaca di explorer tapi tidak bisa dibuka, yang paling parah ya HP tidak bisa mengenali kartu memory tersebut.
Inilah beberapa kemungkinan penyebab memory card tidak terbaca
  • Sering di pindah-pindah
  • Salah Cara Memindahkan
  • Terkena Minyak atau kotoran
  • Terkena Virus
  • Magnet
  • Bekerja terlalu keras dalam waktu lama


Sebenarnya kerusakan kartu memory secara fisik sangat jarang terjadi, kecuali dia terlipat, terpapar panas bersuhu tinggi, atau terbentur dengan sangat keras sampai terlepas dari pelindungnya. Nah, perkirakan saja keadaan seperti apa yang memungkinkan HP atau kartu memory anda mengalami hal seperti itu, jarang banget kan? Itu sebabnya hampir semua produsen kartu memory berani memberi garansi seumur hidup.

Yang lebih sering terjadi adalah kerusakan data yang ada di dalamnya. Data yang dimaksud di sini bukan hanya data berupa file foto, video, atau file musik, tetapi juga sistem format penyimpanannya. Kalau kerusakannya seperti ini, masih ada harapan untuk menyelamatkan sebagian atau semua file di dalamnya, meski tidak bisa 100%.
Sebenarnya ini sungguh tidak perlu dilakukan kecuali anda berganti HP. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jika ke laptop. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.
Meskipun anda dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar ketika terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain. Matikan HP terlebih dahulu, tunggu 10-20 detik, baru cabut kartu memory anda.
Pastikan tangan anda bersih dari kotoran atau minyak ketika memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak bisa terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.
Beberapa virus bisa membuat kartu memory anda lumpuh. Meskipun trend untuk virus-virus baru tidak lagi seperti itu. Virus-virus jaman sekarang bekerja lebih kejam, mereka tidak lagi menhancurkan, tapi mencuri dan justru berupaya supaya HP anda bisa bekerja maksimal, supaya aksi pencurian mereka bisa terus berlangsung. Pastikan laptop atau HP dari mana anda mengambil file aman dari virus. Juga ketika anda download file dari internet, pastikan anda hanya download dari situs-situs yang aman. Utamanya ketika anda download file apk aplikasi atau game.
Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari sejak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet bisa merusak susunan data yang tersimpan sampai acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet seperti speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.
Kalau HP anda masih menggunakan aplikasi standar, bukan yang sudah di tweak sampai maksimal, masih aman-lah dari kerusakan karena penyebab ini. Tapi kalau anda sudah melakukan tweaking berat, seperti mengubah setting penyimpanan video, hasilnya memang luar biasa, seperti yang saya gunakan pada Xperia ray dengan menggunakan modding camera dari mastah Rizal, merekam video 18 menit saja file hasilnya bisa sampai 580 MB. Membuat kartu memory bekerja ekstra keras ketika menyimpan karena aliran data yang sangat besar dalam waktu yang singkat.
Jika ini terus-terusan, ya tahulah, haha. Jika kartu memory anda mengalami masalah . jadi ahti hati ya guys , sayang kan kalo data kita ilang 
Meskipun kartu memory anda bermerk dan berjenis terbaik, tapi ingat mereka tidak bisa memperbaiki diri sendiri, jadi anda sendiri yang harus menjaga kesehatan mereka sekaligus membackup data di dalamnya secara rutin. Itu mudah kog, bisa dengan membackup ke laptop, atau ke penyimpan cloud seperti google drive.


Akhir Kata


Mungkin itu saja yang dapat disampaikan dalam artikel ini,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua .dan mohon maaf jika dalam artikel ini terdapat kesalahan dalam kata maupun penulisan .jika artikel ini bagus menurut kalian,kalian bisa share dan comment artikel ini di bawah postingan .Comment kalian sangat berguna dalam perkembangan blog ini .Sekian dan terimakasih.Salam Oprek :)

0 Response to "PENYEBAB MEMORY CARD TIDAK TERBACA ATAU RUSAK - Oprekinaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel